Analisis Kinerja Keuangan

MENGHITUNG ANALISIS VARIANS ATAS ANGGARAN

A.    VARIANS PENDAPATAN
Ø  Varians Harga Penjualan

Varians harga penjualan = (harga aktual-harga stadar)*volume aktual

Dalam perusahaan impian saya menganggarkan volume penjualan 15 baju setiap bulannya sehingga dalam satu tahun sekitar 180 baju. Tetapi volume aktualnya sekitar 20 baju. Untuk setiap bajunya kita menetapkan harga standar berkisar 2.400.000 dan disisi lain harga aktual yang di pasar sebesar 4.000.000 (omset yang dicapai dalam satu tahun sebesar 960.000.000)
Maka bisa dihitung varians harga,
Varians harga penjualan = (harga aktual-harga stadar)*volume aktual
                                           = (4.000.000-2.400.000)*20
                                           = 32.000.000
Ø  Varians Bauran

Varians bauran= [(Total Volume Penjualan Aktual*Proporsi yang dianggarkan)-(Volume penjualan aktual)]* kontribusi per unit yang dianggarkan

Perhitungan dari varians bauran sebagai berikut:
 Varians bauran        = [(240*1/4)-(20)]* 1.000.000
                                 = 40.000.000
Varians baurannya menguntungkan perusahaan impian saya sebesar 40.000.000. kontribusi yang dianggarkan untuk setiap unit baju sebesar 1.000.000 tetapi ternyata kontribusi sebenarnya untuk setiap unitnya sebesar 1.600.000.

Ø  Varians Volume

Varians Volume = [(Total Volume Penjualan Aktual)*(Persentrase yang dianggarkan)]-[(Penjualan yang dianggarkan)* (kontribusi per unit yang dianggarkan)]

Perhitungan dari varians volume sebagai berikut:
Varians Volume = (240-180)* 1.000.000
                                   = 60.000.000
Perhitungan diatas merupakan perkalian dari selisih volume aktual dan volume yang dianggarkan dengan kontribusi per unit yang dianggarkan oleh perusahaan impian saya.

Ø  Analisis Pendapatan Lainnya (Tidak Ada)

Ø  Penetrasi Pasar
Hal yang dilakukan untuk penetrasi pasar pada perusahaan impian ini adalah menggencarkan unsur bauran pemasaran (meningkatkan pangsa pasar). Meningkatkan kegiatan promosi dan aktivitas publikasi atau iklan yang semenarik mungkin dan itupun anggaran atau biaya yang dikeluarkan mengalami kenaikan dan itu mempunyai korelasi positif dengan kenaikan penjualan sehingga tidak menyebabkan kerugian besar-besaran.
Sehingga saya menggarkan untuk penetrasi pasar sebesar 5.000.000

Varians Pangsa Pasar = [(Penjualan Aktual)-(Volume Industri)]*Penetrasi pasar yang dianggarkan*kontribusi per unit yang dianggarkan
Varians Pangsa Pasar = [(240)-(240)]* 5.000.000*1.000.000
                                      =  -
Kenapa variansnya bernilai 0 karena antara penjualan aktual dan volume industrinya sama hal ini disebabkan sistem pembuatan atau produksi hanya sesuai pesanan yang ada pada perusahaan impian saya ini.

Ø  Volume Industri

Varians Volume Industri = [(Volume Industri Aktual)-(Volume Industri yang dianggarkan)]*Penetrasi pasar yang dianggarkan*kontribusi per unit yang dianggarkan

Varians Volume Industri = [240-160]*20%*1.000.000
                                           = 16.000.000

B.     VARIANS BEBAN
Ø  Biaya Tetap

Aktual
Anggaran
Varians Menguntungkan/Tidak
Beban penjualan
7.000.000
8.000.000
1.000.000
Beban administrasi
4.500.000
5.000.000
500.000
Overhead tetap
3.000.000
3.000.000
-
Beban Listrik
500.000
1.000.000
500.000
Bahan Baku
9.000.000
8.000.000
(1.000.000)
Tenaga Kerja
60.000.000
60.000.000
-
Total
84.000.000
85.000.000
1.000.000

Tabel diatas merupakan rincian biaya tetap pada perusahaan impian saya dalam satu bulan.

Ø  Biaya Variabel

Aktual
Anggaran
Varians Menguntungkan/Tidak
Overhead variabel
800.000
1.200.000
400.000
Total
800.000
1.200.000
400.000



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *