MENGHITUNG ANALISIS VARIANS ATAS
ANGGARAN
A.
VARIANS
PENDAPATAN
Ø Varians Harga Penjualan
Varians harga penjualan
= (harga aktual-harga stadar)*volume aktual
Dalam
perusahaan impian saya menganggarkan volume penjualan 15 baju setiap bulannya
sehingga dalam satu tahun sekitar 180 baju. Tetapi volume aktualnya sekitar 20
baju. Untuk setiap bajunya kita menetapkan harga standar berkisar 2.400.000 dan
disisi lain harga aktual yang di pasar sebesar 4.000.000 (omset yang dicapai
dalam satu tahun sebesar 960.000.000)
Maka
bisa dihitung varians harga,
Varians harga penjualan
= (harga aktual-harga stadar)*volume aktual
= (4.000.000-2.400.000)*20
= 32.000.000
Ø Varians Bauran
Varians
bauran= [(Total Volume Penjualan Aktual*Proporsi yang dianggarkan)-(Volume
penjualan aktual)]* kontribusi per unit yang dianggarkan
Perhitungan
dari varians bauran sebagai berikut:
Varians bauran =
[(240*1/4)-(20)]* 1.000.000
= 40.000.000
Varians
baurannya menguntungkan perusahaan impian saya sebesar 40.000.000. kontribusi
yang dianggarkan untuk setiap unit baju sebesar 1.000.000 tetapi ternyata
kontribusi sebenarnya untuk setiap unitnya sebesar 1.600.000.
Ø Varians Volume
Varians
Volume = [(Total Volume Penjualan Aktual)*(Persentrase yang
dianggarkan)]-[(Penjualan yang dianggarkan)* (kontribusi per unit yang
dianggarkan)]
Perhitungan
dari varians volume sebagai berikut:
Varians
Volume = (240-180)* 1.000.000
= 60.000.000
Perhitungan diatas
merupakan perkalian dari selisih volume aktual dan volume yang dianggarkan
dengan kontribusi per unit yang dianggarkan oleh perusahaan impian saya.
Ø Analisis Pendapatan Lainnya (Tidak
Ada)
Ø Penetrasi Pasar
Hal yang dilakukan
untuk penetrasi pasar pada perusahaan impian ini adalah menggencarkan unsur
bauran pemasaran (meningkatkan pangsa pasar). Meningkatkan kegiatan promosi dan
aktivitas publikasi atau iklan yang semenarik mungkin dan itupun anggaran atau
biaya yang dikeluarkan mengalami kenaikan dan itu mempunyai korelasi positif dengan
kenaikan penjualan sehingga tidak menyebabkan kerugian besar-besaran.
Sehingga saya
menggarkan untuk penetrasi pasar sebesar 5.000.000
Varians
Pangsa Pasar = [(Penjualan Aktual)-(Volume Industri)]*Penetrasi pasar yang
dianggarkan*kontribusi per unit yang dianggarkan
Varians Pangsa Pasar =
[(240)-(240)]* 5.000.000*1.000.000
= -
Kenapa variansnya
bernilai 0 karena antara penjualan aktual dan volume industrinya sama hal ini
disebabkan sistem pembuatan atau produksi hanya sesuai pesanan yang ada pada
perusahaan impian saya ini.
Ø Volume Industri
Varians
Volume Industri = [(Volume Industri Aktual)-(Volume Industri yang
dianggarkan)]*Penetrasi pasar yang dianggarkan*kontribusi per unit yang
dianggarkan
Varians Volume Industri
= [240-160]*20%*1.000.000
= 16.000.000
B.
VARIANS
BEBAN
Ø Biaya Tetap
Aktual
|
Anggaran
|
Varians Menguntungkan/Tidak
|
|
Beban
penjualan
|
7.000.000
|
8.000.000
|
1.000.000
|
Beban
administrasi
|
4.500.000
|
5.000.000
|
500.000
|
Overhead
tetap
|
3.000.000
|
3.000.000
|
-
|
Beban
Listrik
|
500.000
|
1.000.000
|
500.000
|
Bahan
Baku
|
9.000.000
|
8.000.000
|
(1.000.000)
|
Tenaga
Kerja
|
60.000.000
|
60.000.000
|
-
|
Total
|
84.000.000
|
85.000.000
|
1.000.000
|
Tabel diatas merupakan
rincian biaya tetap pada perusahaan impian saya dalam satu bulan.
Ø Biaya Variabel
Aktual
|
Anggaran
|
Varians Menguntungkan/Tidak
|
|
Overhead
variabel
|
800.000
|
1.200.000
|
400.000
|
Total
|
800.000
|
1.200.000
|
400.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar